Senin, 11 Juli 2016

CATATAN RAMADHAN

Batas Kehidupan
Oleh Dewi Suniyah

Kita hidup dibatasi oleh waktu. Ia menjadi penentu kehidupan kita. Waktu yang akan mengatur segala kegiatan kita. Aturan-aturan nyata yang sudah ditentukan oleh-Nya. Segala gerak-gerik kita, dan apapun jenis aktivitasnya, waktu menjadi batas bagi kita dalam melakukan segalanya.
Ia sering dilupakan bahkan dianggap remeh sebagian orang. Mereka menganggap bahwa waktu hanyalah waktu. Waktu yang mengatur segala aktivitas mereka. Mereka sering menyepelekan dengan menganggap bahwa masih banyak peluang dan kesempatan. Padahal tidak.
Berapa sisa waktu kita di dunia? Tak ada yang mengetahuinya bukan? Apa ada yang bisa mengira-ngiranya? Sekiranya ada itu hanyalah peringatan bahkan bisa jadi itu hanya bualan saja.
Allah SWT menciptakan waktu guna mengatur segala aktivitas kita. Semua bentuk rutinitas sehari-hari kita diatur olehnya. Tapi masih banyak diantara kita yang tak mau menghargainya. Mereka sering menyia-nyiakan waktu mereka hanya untuk hal-hal yang tak berguna. Dan nanti ketika mereka sudah sampai di penghujung waktu, barulah mereka sadar betapa berharganya ia meskipun hanya sedetik saja.
Bukan tidak mungkin waktu akan membunuh kita secara perlahan-lahan. Jangan di kira ia akan selamanya baik pada manusia. Waktu akan terus mengejar kita. Ia tak akan berhenti kecuali atas perintah-Nya. Ia akan menjadi batas dalam segala rutinitas manusia. Aktivitas mereka dari mulai bangun tidur hingga akan tidur lagi.
Karena waktu akan terus berjalan dan akan berhenti pada suatu masa dimana tak ada lagi kehidupan di alam semesta. Ketika kematian datang, di saat itulah masa hidup manusia di dunia sudah habis. Sudah seharusnya manusia bijak menggunakan waktu. Jangan sampai menyia-nyiakannya untuk hal-hal yang tak berguna. Karena waktu adalah batas kehidupan manusia. Jika tidak dipergunakan dengan bijak, maka bersiaplah untuk menghadapi penyesalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar