Senin, 23 April 2018

SELFREMINDER


Mengeluh, Pertanda Dirimu Rapuh?


Sering mengeluh bisa jadi dirimu sedang rapuh. Karena keluhan tidak selamanya mendatangkan kebaikan. Mungkin niatmu mengeluh karena sudah lelah dan tak tahan dengan keadaan. Tapi alih-alih ingin demikian, malah kamu yang terkena hujatan.

Seseorang mengeluh karena bisa jadi ia sudah tak kuasa menghadapi permasalahannya. Ia merasa bahwa apa yang dihadapinya terlalu berat dan tak bisa lagi ditopang. Meski hanya sekedar melalui kata-kata penguatan. Baginya kata-kata itu sudah tak mempan. Ia sudah terlalu cukup lelah untuk menghadapi segalanya. Alhasil beragam keluhan datang tanpa henti. Seolah menuntut untuk dikasihani.

Benar. Keluhan yang datang terlalu sering bisa jadi menandakan bahwa dirinya sangat menantikan rasa belas kasihan dari orang-orang sekitar. Ia menuntut dengan halus namun terkesan memaksa. Melalui kalimat keluhannya, ia utarakan semua hal yang dirasakannya. Alih-alih ingin mendapat simpati bahkan empati, namun ternyata malah hujatan tanpa henti.

Keluhan juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang itu sedang rapuh. Padahal seharusnya dengan banyaknya masalah yang datang silih berganti, mampu menjadikannya sosok yang kuat dan tahan banting. Namun ternyata tidak demikian.

Terlalu banyaknya tekanan yang mampir, membuatnya menjadi sosok yang rapuh dan gampang mengeluh. Entah dengan keadaan sekitar yang sama sekali tak mendukungnya. Atau dengan permasalahan yang senantiasa menghampiri kehidupannya. Alih-alih berubah menjadi sosok yang tangguh, namun malah menjadi sosok yang gampang mengeluh.

Selain itu terlalu sering mengeluh juga memberikan tanda bahwa selama hidupnya dia kurang bersyukur. Kenapa bisa? Seseorang yang selalu mengeluh artinya belum bisa memaknai setiap peristiwa atau kejadian yang muncul dengan tiba-tiba dalam kehidupannya. Ia merasa tak siap dengan berbagai masalah yang mampir di kehidupannya.

Alih-alih ingin mencari solusi, ia malah sibuk mendaftar satu per satu masalah yang datang bertamu. Padahal waktunya terlalu berharga bila hanya untuk melakukan hal itu. Akhirnya keluhan pun datang tanpa mau mencari solusi atas permasalahan itu. Padahal bukan seperti itu.

Seharusnya ketika masalah datang, jangan sibuk mendaftar masalah apa saja yang sudah mampir. Melainkan sibukkan diri untuk mencari solusi. Sehingga bukan lagi keluhan yang tersampaikan. Melainkan ide-ide kreatif yang senantiasa bermunculan.

Mengeluh bukanlah cara terbaik dalam menyikapi setiap permasalahan yang hadir. Itu hanya akan semakin menambah beban. Tidak malah menyelesaikan. Meski mengeluh itu perlu, tapi tidak lantas mengeluh setiap saat. Lebih baik mengubah keluhan itu menjadi tindakan yang menghasilkan. Supaya tak hilang waktu dalam kesia-siaan.

Masih ingin mengeluh? Lebih baik bersyukurlah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar